Mendidik Anak Remaja

Menjadi orang tua remaja memang penuh perjuangan dan kekhawatiran walaupun kita pernah merasakan masa remaja. Dan saat ini adalah waktunya Anda bercermin tentang kehidupan Anda saat remaja. Remaja masa sekarang berbeda dengan remaja dahulu. Kini dalam kehidupan yang semakin  mengglobal tantangan orang tua semakin berat, tingkah  laku remaja pun semakin rumit untuk dipahami.

Remaja selalu mempunyai keinginan untuk mencoba segala suatu, bahkan tak jarang karena sifatnya itu dia menjadi jauh dengan Anda. Remaja lebih suka bergaul dengan temannya, karena itu jangan heran jika dia mulai sering pulang larut malam. Belum lagi jika Anda lebih luas melihat kehidupan remaja masa sekarang, narkoba, tawuran, bahkan hingga seks bebas, identik dengan kehidupan remaja masa kini. Fenomena ini sering membuat khawatir para orangtua, tak jarang ada orangtua yang begitu ketakutan hingga terlalu mengekang anak remajanya.Berikut ini saran-saran untuk menerapkan disiplin bagi anak remaja.

Batasan

Anak remaja selalu ingin tahu apa yang kita harapkan dari dia. Buatlah peraturan atau batasan apa saja yang harus dia patuhi dan juga apa konsekuensi jika dia melanggarnya. Remaja sudah cukup umur untuk menghormati aturan dan mengapa mereka harus mematuhi peraturan. Peraturan ini menunjukkan kalau kita sebagai orang tua memperhatikan dia dan peduli akan keadaannya. Contoh sederhana, “Teleponlah terlebih dahulu jika memang harus pulang sekolah terlambat dari biasanya”.

Konsekuensi

Memberikan hukuman jika mereka melanggar peraturan atau gagal melakukan suatu hal merupakan pembelajaran bagi mereka. Berilah mereka hukuman yang wajar sebagai proses belajar, bukan hukuman semena-mena. Pemberian hukuman ini akan membuat dia akan lebih berhati-hati dalam menghadapi kehidupan nantinya.

Tanggung jawab

Selain memberikan disiplin bagi remaja, jangan lupa memberikan dia tanggung jawab yang bisa dia buat untuk dirinya sendiri. Mereka bisa memiliki kebebasan dalam menentukan sesuatu, hal ini akan menjadikan mereka sebagai remaja yang bertanggung jawab. Jika dia membantu mengerjakan pekerjaan di rumah, seperti menyapu, mengepel atau membersihkan halaman, maka setelah mereka menyelesaikan tugas sekolah biarkan mereka keluar bermain atau sekedar mengikuti suatu kegiatan di luar rumah.

Disiplin diri

Tujuan akhir dari penerapan disiplin diri bagi remaja adalah menjadikan mereka orang yang bertanggung jawab akan diri sendiri. Selanjutnya mereka akan tumbuh menjadi remaja yang dewasa, kompeten dan bisa diandalkan. Tunjukkan rasa hormat pada mereka dan dukung mereka agar menjadi orang yang lebih baik. Tanamkan bahwa kedisiplinan akan menjadikannya orang yang sukses, dewasa dan bertanggung jawab.

” Cintailah anak Anda dengan tulus tanpa syarat, serta ungkapkanlah besarnya kasih sayang Anda tersebut kepada mereka. Anak yang berada dalam kasih sayang yang tulus akan tumbuh dengan lebih bergembira, percaya diri, menyenangkan, serta dapat diandalkan “.

Sumber: sayamautau.com7

Dalam kategori: Informasi Seputar AnakPendidikan

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.