Penyakit Tipes Pada Anak

Segera waspadai Jika anak mengalami demam, muntah,lemas serta mengalami diare. gejala tersebut merupakan tanda tanda anak terkena tipes. Penyakit tipes atau thypus adalah penyakit infeksi bakteri pada usus halus yang disebabkan oleh kuman Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi A, B dan C, selain ini dapat juga menyebabkan  keracunan makanan (gastroenteritis) dan tidak menyerang usus (septikemia).Bakteri penyebab anak tipes adalah bekas cucian piring, gelas, dot dan sendok dikarenakan kondisi air yang tidak bersih dan tangan yang kotor.


Kuman masuk melalui saluran pencernaan dan berkembang setelah itu menembus kedinding usus menuju saluran limfa, lalu masuk kedalam pembuluh darah dalam waktu dua puluh empat hingga tujuh puluh dua jam. yang kemudian terjadilah pembiakan di sistem retikuloendothelial dan menyebar kembali ke pembuluh darah yang kemudian menimbulkan berbagai gejala klinis.

Adapun gejala yang sering ditimbulkan dari penyakit tipes, Antara lain :

– Anak mengalami demam, biasanya terjadi pada malam hari dan berlangsung selama 1 minggu.

– Badan terasa lemas dan mengalami pusing kepala

– Mual dan muntah, dikarenakan adanya bakteri Salmonella typhi yang berkembang biak di hati dan limpa, Akibatnya terjadi pembengkakan dan akhirnya menekan lambung sehingga terjadi rasa mual.

– Lidah kotor, yang dimaksudkan adalah di lidah anak bagian tengah berwarna putih namun yang dipinggir berwarna merah. Dengan keadaan seperti ini biasanya anak mengeluh jika lidahnya terasa pahit jadi tidak nafsu makan dikarenakan makan apapun akan terasa pahit.

– Anak mengalami diare, dikarenakan ada bakteri yang masuk kedalam saluran cerna dan menyebabkan  gangguan penyerapan cairan yang akhirnya terjadi diare, namun sebaliknya ada juga anak yang terkena sakit tipes malah sulit buang air besar atau konstipasi.

– Pingsan, kondisi yang seperti ini harus segera ditangani lebih lanjut. Demam yang tinggi pada anak menyebabkan anak menjadi lemas dan terus ingin berbaring. dalam keadaan seperti itu biasanya anak tidak sadarkan diri atau pingsan.

Segeralah bertindak lebih lanjut jika anak anda mengalami gejala persis yang ada pada diatas. semoga artikel kesehatan yang membahas penyakit tipes anak ini bermanfaat untuk anda.

Dalam kategori: Informasi KesehatanInformasi Seputar AnakPenyakit Demam

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.