Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Balita

Kalau Buah Hati Anda sedang sakit pilek, duh.. rasanya kasihan banget deh si Kecil bakalan susah tidur, rewel dan susah bernapas karena hidungnya tersumbat.

Untuk itu Anda harus mengetahui bagaimana cara mengatasi  hidung tersumbat pada balita, ada cara tradisional yang aman, pengen tahu?

Ada beberapa cara umum yang sering dilakukan jika si Kecil hidungnya tersumbat diantaranya:

–          Ketika hidung si Kecil tersumbat, pada saat tidur usahakan posisi batal lebih tinggi. Jika si Kecil mau dengan posisi agak duduk akan lebih nyaman nantinya.

–          Usapkan balsem Transpulmin atau minyak kayu putih pada bagian dada, punggung dan telapak kaki agar lebih hangat dan sambil dipijat ringan(pasti si Kecil makin merasa rileks), diusahakan setelah telapak kaki diusapkan balsem bisa dipakaikan kaos kaki. Biasanya si kecil akan cepat tidur dan hidungnya lebih cepat lega.

–          Usahakan posisi tidur diatur miring agar hidung yang tersumbat pada balita atau anak bisa terbuka, jadi jika hidung sebelah kanan tersumbat maka posisi tidur miring ke kiri, dan sebaliknya.

–          Jika menggunakan AC, sementara atur suhu agar tidak terlalu dingin dan atur juga dengan menggunakan timer(dimatikan pada saat subuh sekitar jam 01.00 atau 02.00wib).

–          Jika hidung si Kecil tersumbat, bisa dibantu dengan uap air panas yang sudah ditetesi minyak kayu putih/telon agar membantu melegakan hidung yang tersumbat, pada saat diuap bisa dibantu dengan memijat perlahan-lahan daerah T sekitar hidung. Tetapi jika Anda mempunyai alat uap  si Kecil bisa diuap dengan obat inhaler yang direkomendasikan oleh dokter.

–          Bersihkan hidung si Kecil dari ingus agar bisa bernapas lega, jika si Kecil belum bisa mengeluarkan sendiri maka Anda dapat menggunakan nasal aspirator/penyedot ingus  bayi, tetapi sebelumnya bersihka ujung penyedot dengan kapas yang dibasahi alcohol 70% agar steril.

–          Pada saat mandi gunakan air hangat dan ajak si kecil jalan-jalan pagi agar mendapatkan udara yang bersih dan terkena sinar matahari pagi.(Biasanya jika melakukan jalan-jalan pagi si Kecil akan sering bersih karena udara di pagi hari membuat tubuh khususnya hidung akan mengeluarkan kuman.) Sangat disarankan oleh dokter untuk anak yang menderita alergi (alergi yang menyebabkan bersin-bersin setiap pagi hari).

Cara-cara sederhana ini mungkin dapat membantu Anda mengatasi hidung tersumbat pada balita, bisa dicoba dan semoga membantu.

Dalam kategori: Tips Anak

Tags:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.