Cemilan Sehat Balita

Bunda, cemilan sehat untuk balita perlu diberikan karena cemilan dapat membantu melengkapi kekurangan pada makanan utama. Pada saat balita organ pencernaan si kecil masih kecil,sehingga mereka seringkali tidak bisa mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan sekaligus dalam sehari hanya melalui makan pagi,siang dan sore. Mereka membutuhkan porsi makanan yang  sedikit tapi sering. Oleh sebab itu Bunda yang bijak harus menyediakan pilihan makanan yang sehat dan bergizi untuk makan ataupun cemilan.

Mengemil adalah merupakan sesuatu yang alami hal ini telah dimulai dari saat kelahiran, yaitu ketika bayi menyusui kapanpun ia haus dan lapar.

Menyediakan makan tiga kali sehari ditambah dua atau tiga kali cemilan sehat untuk balita yang diberikan diantara tiga waktu makan tersebut, merupakan cara yang sangat baik untuk memastikan mereka mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.

Tetapi pemberian cemila sehat balita ada aturannya :

1. Cemilan harus memiliki nilai nutrisi sebagai tambahan bagi asupan nutrisi harian.

Cemilan dapat menjadi penambah kekurangan nutrisi dan menjadi pengganti makanan dan  nutrisi yang tidak mereka dapatkan pada saat makan pagi, makan siang dan makan sore. Jika anak dapat menghabiskan lauk pauk pada saat makan , tetapi tidak dapat menghabiskan makan buah ataupun susu, itu bukanlah suatu masalah karena kita dapat memberikan nutrisi dengan cemilan dengan menawarkan stroberi segar dengan yogurt atau potongan apel.

Makanan kecil bisa menjadi kesempatan untuk mengenalkan makanan baru pada balita dengan suasana yang menyenangkan. Jika dilakukan dengan benar cemilan dapat menurunkan berat badan pada anak yang kelebihan berat badan.

2.  Berikan porsi cemilan sesuai usia anak.

Peraturan porsi cemilan pada balita adalah 1 sendok makan cemilan pertahun usia anak. Jika anak usia 2 tahun berikan 2 sendok makan cemilan. Dan kita dapat memberikan tambahan jika anak masih lapar tetapi porsi yang besar pada  pemberian cemilan akan menurunkan nafsu makan anak pada saat makan utama tiba.

3.  Berikan antara waktu makan.

Bunda dapat memberikan cemilan sehat pada pukul 10.00 dan pukul 14.00(di antara jam makan sidang dan malam).

Ingat jangan biarkan anak mengemil menjelang makan utama ya!

4.  Waspadai jenis makanan tertentu yang dapat menyebabkan anak tersedak.

Untuk anak dibawah 3 tahun hindari pemberian permen, selai kacang, sayuran mentah, pop corn, kacang-kacangan dan buah yang dikeringkan seperti kismis. Belah bakso ataupun sosis menjadi potongan kecil-kecil untuk mengurangi resiko tersedak.

 

Strategi pemberian cemilan sehat balita.

1.  Rencanakan pemberian cemilan

Jangan dilarang sama sekali, tetapi sediakan cemilan yang begizi. Selain itu rencanakan dan buatlah jadwal agar anak dapat makan cemilan 2 jam sebelum makan utama.

2.  Sediakan variasi.

Usahakan cemilan bervariasi untuk menghindari anak bosan.

3.  Hidangkan dengan cara yang bervariasi dan menarik minat anak.

4.  Bangkitkan kreativitas anak.

Berikan tusuk gigi warna warni pada anak yang dapat mereka pergunakan untuk membuat bentuk bangunan dari potongan buah atau sayur.

5.  Tunjukkan contoh yang baik.

Anak-anak mempelajari kebiasaan orang tua mereka. Pilih makanan yang bergizi untuk diri anda dan  ajak anak untuk makan bersama.

6.  Gunakan pendekatan personal.

Ajak anak membuat cemilan tersebut, Anak akan menyukai  cemilan yang mereka buat sendiri sesuai kreasi mereka.

7.  Tawarkan pilihan makanan dari kelompok yang sama.

Contoh: jangan menawarkan pilihan yang berbeda seperti, kamu mau es krim atau roti?

Sebaiknya , tawarkan pilihan makanan dari kelompok yang sama seperti kamu mau apel atau jeruk? Pudding tape atau jelly dan lain sebagainya.

8.  Jangan putus asa jika anak sangat pemilih.

Bunda, harus bijak dalam memilih jenis cemilan. Berikan asupan energi dan nutrisi yang penting bagi mereka. Pilih makanan dengan berbagai variasi untuk mendapatkan semua nutrisi yang diperlukan dan buatlah cemilan sendiri agar terjaga kebersihannya, sehingga cemilan yang Bunda berikan merupakan cemilan sehat untuk balita.

 

Dalam kategori: Tips Anak

Tags:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.