Cara agar anak cerdas

Setiap orang tua pasti ingin anaknya tumbuh dengan sempurna,termasuk otak anak. Otak anak merupaka organ penting untuk menunjang kecerdasannya. Oleh karena itu di butuhkan nutrisi yang baik agar anak menjadi anak yang cerdas. Minimal lebih cerdas dengan teman – teman sebayanya. Untuk menjadikan anak cerdas bukanlah hal yang mudah, dan bukan juga hal yang sulit. Tetapi kebanyakan orang tua tidak mengetahui cara agar anaknya menjadi anak yang cerdas. Padahal banyak tips dan cara yang sederhana agar anak tumbuh menjadi anak yang cerdas.

Tips agar anak cerdas tidak memerlukan biaya yang sangat mahal. Hanya butuh waktu dan mau meluangkan waktu untuk anak. Tetapi di zaman sekarang, banyak orangtua sibuk dengan dunianya sendiri terutama ketika keduanya sibuk bekerja di luar rumah. Walaupun ada beberapa orangtua yang bisa mengatur waktunya dengan baik,sehingga interaksi dengan keluarga dan anak tetap terjaga. Untuk menjadikan anak cerdas hanya di butuhkan interaksi yang sering dengan anak.

Berikut ada beberapa tips dan cara yang sederhana dan bisa di praktekan kepada anak agar anak menjadi cerdas

1. Seringlah mengajak anak berbicara

Mengajak anak berbicara merupakan langkah yang sederhana agar anak menjadi cerdas.Komunikasi dengan anak bukan hanya dengan memujinya atau memanggil namanya. Tetapi cobalah ajak berbicara ketika anak sedang beraktivitas.Aktivitas apa saja,ketika kita berbicara kepada anak,maka anak akan menjadi pendengar yang baik.Dan ketika berbicara gunakan kata – kata yang jelas.

2. Ikutlah bermain bersama anak

Ketika anak sudah di beri mainan,seringkali orangtua mengabaikannya dan membiarkan anak bermain sendiri. Sedangkan para orangtua yang menemani anaknya bermain akan memiliki banyak kelebihan. Salah satunya adalah mengajarkan anak cara bermain yang benar,sehingga akan membantu anak untuk mempercepat proses belajarnya karena ada yang membimbing. Selain irtu juga bermain dengan anak akan membantu mengembangkan potensi sosial anak, mengenali bakat dan minat serta akan melatuh kemampuan emosional anak.

3. Membacakan certa pada anak

Membacakan cerita pada anak akan melatih anak untuk menyukai buku.Selain itu dengan membacakan cerita akan membantu anak untuk memiliki kosakata yang banyak dan bervariasi dan kemampuan anak untuk berbahasa.

4. Bernyayi dengan anak

Dengan bernyayi akan melatih anak untuk mengenali beragam suara dan bunyidan juga untuk menambah kosakata anak. Dengan bernyanyi akan mendorong anak untuk tetap ceria dan bergerak aktif.

Anak yang cerdas bukan kecerdasan yang datang begitu saja. Untuk mengeluarkan kecerdasan anak di butuhkan stimulasi – stimulasi yang pas dan cocok untuk anak. Tidak sulit bukan? Cukup berinteraksi dengan anak dan meluangkan waktu.

Dalam kategori: Informasi Seputar Anak

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.