Ramuan Untuk Mengatasi Masuk Angin pada Bayi

Masuk angin pada bayi biasanya terjadi seiring dengan cuaca dan kondisi bayi yang mulai melemah. Jika hal ini terjadi, maka Anda tidak perlu panik, dan usahakan untuk tetap tenang kemudian mengambil langkah yang tepat dalam melakukan penanganan. Memang, membawa si kecil berobat merupakan cara ampuh untuk menyembuhkan masuk angin, hanya saja terkadang sang ibu tidak mempunyai kondisi yang memungkinkan untuk membawa anak ke dokter. Jika hal itu terjadi kepada Anda, maka salah satu langkah terbaiknya adalah dengan memberikan ramuan tradisional.

Ramuan daun jarak

Ambil satu lembar daun jarak kemudian bersihkan. Kemudian, letakkan dalam wadah yang bersih dan beri minyak telon secukupnya. Anda juga harus memanaskan di atas api yang kecil namun jangan terlalu lama. ketika hangat-hangat kuku, maka tempelkan daun jarak tersebut di perut bayi. Biarkan dalam beberapa saat kemudian lakukan lagi jika diperlukan.

Ramuan daun jarak tersebut digunakan ketika bayi mengalami perut kembung. Serta, disarankan untuk mulai dicoba pada bayi dengan usia dua bulan ke atas.

Mandi rempah

Siapkan air hangat di bak mandi bayi Anda. masukkan kayu secang secukupnya dan kemudian tambahkan irisan sereh secukupnya. Tidak lupa untuk memberikan daun teh satu sendok makan serta dua buah cengkeh. Mandikan bayi di dalam air hangat berisi ramuan tersebut.

Perlu diperhatikan bahwa ramuan ini secara khusus hanya diperbolehkan untuk bayi dengan usia 6 bulan ke atas. Juga, ramuan ini digunakan untuk bayi yang terkena flu.

Ramuan kencur

Ramuan kencur digunakan untuk mengatasi batuk. Lakukan dengan cara memarut kencur tersebyt dan kemudian diperas serta diambil sarinya. Buang ampas dan berikan sedikit madu. Disarankan untuk memberikannya kepada si kecil selama dua kali sehari dengan masing-masing satu sendok makan.

Ramuan bawang merah

Parut beberapa suing bawang merah, kemudian campurkan dengan minyak kelapa. Anda diharuskan untuk membalurkan ke bagian punggung dan perut si bayi. Dengan efek hangat yang ada, maka masuk angin pada bayi dijamin hilang.

Dalam kategori: Kesehatan

Tags:

RSSComments (1)

Leave a Reply | Trackback URL

  1. rilma tarigan says:

    Makasi infonya..bermanfaat sekali ;)

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.