Tips Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Mengatasi hidung tersumbat pada bayi tentu saja tidak harus selalu mengacu pada dokter. Karena Anda bisa menemukan beragam solusi alami dan cepat untuk mengatasi hidung tersumbat dan membuat bayi Anda tidur nyanyak kembali. Di artikel kali ini, ada beragam cara alami yang kami sajikan dan telah terbukti ampuh untuk Anda.

Posisi Miring

Ketika si kecil mengalami hidung tersumbat, maka usahakan untuk memiringkan posisi tidur bayi Anda untuk mengurangi risiko penyumbatan yang lebih besar lagi. Langkah ini sangat efektif untuk memberikan solusi pada hidung tersumbat sebelah. Artinya, jika si kecil mengalami penyumbatan hidung di sebelah kiri, maka miringkan ke kanan, serta begitu juga sebaliknya.

Penyangga

Berikan penyangga pada posisi punggung bayi sehingga posisi kepala bisa lebih tinggi. Cara ini bisa dilakukan dalam rangka melegakan hidung tersumbat sehingga bayi akan merasa lebih lega.

Pijatan ringan

Untuk melegakan hidung tersumbat, Anda juga bisa memberikan pijatan ringan pada bagian punggung dan dada bayi. Terapkan pijatan sambil mengoleskan balsam khusus untuk bayi Anda. atau, Anda juga bisa mengoleskan minyak telon apabila tidak ada balsam khusus di rumah.

Hentikan penggunaan AC

Hentikan penggunaan AC apabila diperlukan, atau Anda juga bisa mengatur suhu untuk tidak terlalu dingin terutama saat bayi Anda sedang tidur. Jika menggunakan kipas angina, kurangi juga tingkat putarannya serta jangan terlalu dekat dengan posisi bayi.

Air hangat

Mandikan bayi Anda dengan air hangat secara teratur, dan kemudian jemur di bawah sinar matahari pagi. Untuk mencegah kontak langsung dengan sinar matahari, akan lebih baik untuk membelakangi matahari dalam rangka mencegah terpaan sinar matahari mengenai wajah si bayi.

Pijatan daerah T

Berikan pijatan ringan pada daerah T bayi Anda dengan menggunakan minyak telon atau minyak hangat khusus bayi lainnya. daerah T merupakan daerah hidung dan alis yang merupakan pusat hidung tersumbat pada bayi.

Semoga tips mengatasi hidung tersumbat pada bayi di atas mampu membantu Anda.

Dalam kategori: Infeksi Saluran Nafas

Tags:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.