Konsep Makanan Pendamping ASI Bayi 6 Bulan

Bayi dengan usia 6 bulan memang masih harus diberikan ASI eksklusif secara teratur, namun kebanyakan dari mereka telah meminta jatah makanan. Para bayi dengan usia tersebut merasa tidak puas dengan adanya ASI dan ini adalah hal normal yang bisa dimaklumi. Pengkonsumsian tambahan terhadap makanan lain selain ASI sangat diperlukan dalam rangka mencukupi kebutuhan gizi serta energi bayi.

Seiring dengan pertambahan usianya, tentu saja makanan pendamping ASI pada bayi usia 6 bulan akan sangat dibutuhkan. Sejatinya, bagaimana konsep makanan bayi di usia tersebut? Disini Anda akan menemukan pembahasan lengkapnya.

ASI masih menjadi nutrisi utama

Anda tidak perlu mengurangi konsumsi ASI, karena disini Anda hanya diharuskan untuk memberikan penambahan panganan bayi khusus usia 6 bulan. ASI merupakan nutrisi yang harus tetap diberikan hingga bayi Anda mencapai usia kurang lebih 2 tahun.

Berikan makanan yang sesuai

Bayi pada usia 6 bulan telah mempunyai kemampuan pencernaan yang baik, namun pemberian makanan haruslah tetap hati-hati. Berikan makanan yang halus seperti sereal khusus bayi sehingga sistem pencernaannya tidak terganggu. Juga, Anda amat disarankan untuk menghndarkan bayi dari makanan orang dewasa karena biasanya bayi sangat ingin mencoba beragam makanan tersebut.

Berikan beragam nutrisi penting

Beragam nutrisi penting harus diberikan dalam rangka meningkatkan kualitas pertumbuhan, dan kesehatan bayi Anda. mulailah memberikan makanan bernutrisi seperti jus buah atau jus sayur yang disaring, burub susu, dan beragam makanan yang di haluskan sehingga memudahkan pencernaan bayi Anda. meskipun ikan, telur, dan daging merupakan makanan dengan kandungan protein tinggi, namun jangan memberikannya pada umur ini karena bisa saja bayi akan mengalami aleri akibat sensitivitas pencernaanya.

Jangan memberikan bumbu

Jangan memberikan beragam bumbu seperti penyedap rasa, gula, garam, atau bahkan vetsin. Dengan pemberian bumbu, maka bayi akan mengalami kesulitan makan di periode yang akan datang. Sebagai contoh, ketika Anda sering memberikan gula sebagai pemanis, anak akan sulit menerima rasa lainnya dan cenderung memilih rasa manis.

Semoga konsep makanan pendamping ASI bayi usia 6 bulan di atas mampu membantu Anda.

Dalam kategori: Seputar ASI

Tags:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.