Pengertian, Gejala, dan Penyebab Leukimia pada Anak

Penyebab leukemia pada anak memang belum dapat dibuktikan secara pasti hingga kini. Kendati demikian, terdapat beberapa hal yang memang terkait dengan leukemia pada anak. Leukemia atau yang biasa disebut dengan kanker darah putih merupalan salah satu jenis kanker yang ada di dunia. Pada kasus leukemia, terjadi sebuah produksi sel darah putih yang berlebihan sehingga sel ini tidak mampu merespon tanda-tanda yang diberikan oleh tubuh. Sel darah putih yang sudah berlebihan tersebut akan masuk ke dalam darah perifer, sehingga seseorang yang masuk ke dalam perifer tersebut membuat seseorang akan mudah infeksi, anemia, kurang darah, dan bisa saja pendarahan.

Hal tersebut juga terjadi dalam kondisi yang sama dengan anak. Kemudian, ada beberapa gejala atau tAnda terhadap terjadinya kanker darah dan wajib untuk Anda ketahui untuk melakukan pendeteksian awal. Berikut penjelasannya,

  • Mengalami demam atau mengeluarkan keringat pada malam hari.
  • Wajah yang terlihat pucat, dengan kelelahan, sakit kepala, dan lemas.
  • Mengalami infeksi pada tahap yang sering.
  • Penurunan berat badan.
  • Sulit bernafas dengan disertai oleh nyeri pada bagian dada.
  • Terjadi sebuah pembengkakan pada kelenjar getah bening, yaitu yang terdapat pada leher, serta ketiak.
  • Limfa yang ada di perut juga ikut membesar, dan tampak bukan hanya getah bening.

Namun, gejala yang paling sering terjadi pada anak adalah anak yang seringkali mengalami mimisan. Kemudian diikuti oleh bintik-bintik merah yang biasa terjadi pada bagian tubuh. Hal tersebut juga dikarenakan karena sebuah pembengkakan hati serta llimfa pada anak.

Beberapa penyebab leukemia pada anak adalah sebagai berikut,

  • Virus human T-Cell merupakan salah satu penyebab leukemia pada anak. Virus ini jarang dideteksi dengan mudah dan dapat menyebabkan kanker darah. Kemudian, ada virus lain yang bisa menyebabkan leukemia pada anak yaitu retrovirus dan leukemia feline.
  • Orang tua perokok juga bisa menyebabkan anak menderita leukemia. Karena sebuah zat kimia yang ada bernama benzene serta foraldehida merupakan salah satu penyebab kanker darah. Selain itu, memang diketahui sejak lama bahwa rokok merupakan salah satu penyebab besar seseorang terkena kanker darah atau leukemia.

Itulah beberapa hal tentang gejala, pengertian, dan penyebab leukemia pada anak.

Dalam kategori: Kesehatan

Tags:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.