Tips Ampuh Mengatasi Anak Susah Konsentrasi

Anak susah konsentrasi merupakan sbeuah masalah umum yang banyak terjadi pada jutaan anak di seluruh dunia. Banyak anak yang sangat sulit menemukan konsentrasi terbaik dalam belajar, dan melakukan sesuatu. Tetapi, Anda tetap bisa menyembuhkan keadaan anak yang kurang tersebut. Anda bisa mengembangkan fokus dan konsentrasi dengan beragam latihan yang sangat berguna. Berikut adalah beberapa tips mengatasi anak susah konsentrasi.

Temukan alasannya

Anda dapat mencatat setiap momen atau saat dimana anak kehilangan konsentrasinya. Mungkin dalam beberapa catatan, Anda menyaksikan anak menurunkan konsentrasinya karena diganggu oleh acara TV, game favorit, dan beragam hal lain. amati dengan teliti, dan Anda akan mendapatkan alasan mengapa anak hilang konsentrasi. Cara ini membuat penanganan selanjutnya akan lebih mudah.

Berikan suasana terbaik

Mungkin anak susah konsentrasi karena terganggu kebisingan suara TV, atau aktivitas teman-temannya. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk membuat kondisi rumah yang tenang ketika anak melakukan sesuatu. Ciptakan suasana terbaik dengan mematikan TV, dan kemudian duduk bersama anak untuk menemaninya belajar.

Berikan pujian

Pujilah anak Anda ketika ia berhasil berkonsentrasi dalam periode waktu yang cukup lama. Anda mungkin harus menghindari melakukan kritikan kepada anak, dan berikan dukungan kepada mereka secara terus-menerus. Ketika Anda melihat anak melayang ke dunia mereka, maka berikanlah sugesti yang lembut agar anak berada kembali di konsentrasi aktivitas nyatanya.

Hadiah itu penting

Selain pujian, Anda juga disarankan untuk memberikan hadiah kepada anak. Cara ini amat baik dilakukan ketika anak mengalami peningkatan secara terus-menerus mengenai konsentrasinya. Anda bisa memberikan merek es krim, mainan, atau cokelat.

Berikan waktu untuk hobi anak

Anak susah konsentrasi bisa jadi merupakan isyarat kalau mereka lebih menyukai kegiatan lain daripada melaksanakan kegiatan yang sedang Anda perintahkan. Oleh karena itu, berikanlah mereka pengertian bahwa ada waktu untuk melakukan hobi, dan saat ini mereka harus melaksanakan instruksi yang sedang Anda perintahkan.

Itulah beberapa tips mengatasi anak susah konsentrasi. Semoga dapat membantu Anda.

Dalam kategori: Tips Anak

Tags:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.