Makanan Untuk Anak Alergi Susu Sapi

Makanan Untuk Anak Alergi  - Susu sapi merupakan susu yang sangat penting  bagi pertumbuhan seorang anak karena mengandung kalsium, protein, dan beragam vitamin penting. Namun, ternyata tidak semua anak menyukai susu sapi, karena beberapa anak tidak menyukainya, bahkan mengalami alergi. Beberapa reaksi yang timbul jika anak mengalami alergi susu sapi adalah sebagai berikut.

  • Kulit anak yang pada awalnya normal, menjadi memerah.
  • Anak muntah-muntah sebagai bentuk reaksi penolakan susu sapi.
  • Anak mengalami diare.

Rata-rata, ketika anak mengalami alergi, maka hal tersebut disebabkan oleh sensitivitas seorang anak terhadap protein susu sapi yang biasa disebut dengan casein. Alergi ini biasanya dialami oleh seorang anak hingga berusia 2 tahun.

Bagaimana mengatasi anak yang alergi susu sapi?

Seorang anak yang mengalami alergi susu sapi sebaiknya mendapatkan pemberhentian makanan yang mengandung protein sapi secara bertahap. Pemverhentian tersebut dilakukan hingga anak berusia satu tahun dan pada tahap selanjutnya, silakan mencoba kembali susu sapi yang ada. Apabila Anda masih menemukan gejala alergi, maka sebisa mungkin dihentikan.

Selain disebabkan oleh protein yang  ada di dalam susu sapi, ternyata penyakit alergi pada anak tersebut disebabkan oleh laktosa atau gula susu yang terkandung di dalamnya. Normalnya, seorang anak mempunyai enzim lactase yang berfungsi untuk menguraikan laktosa sehingga dapat dicerna. Namun, seorang anak bisa mengalami kekurangan enzim lactase sehingga pencernaan menjadi lebih sulit serta menimbulkan diare pada anak.

Makanan Untuk Anak Alergi Susu Sapi

Untuk memberikan solusi pada anak yang mengalami alergi susu sapi, maka Anda sudah seharusnya memberikan makanan unuk anak alergi susu sapi. Makanan yang direkomendasikan untuk anak yang mempunyai alergi adalah sebagai berikut.

Untuk anak yang berusia 10 bulan, maka Anda bisa memberikan nasi tim yang anggotanya adalah beras, sayuran, serta sumber protein nabati. Beragam sayuran seperti wortel, bayam, labu, dan brokoli tentu saja sangat baik sebagai sumber vitamin, mineral, dan serat. Sedangkan, sumber protein nabati bisa berupa tahu dan tempe yang dikombinasikan untuk dibuat nasi tim halus.

Itulah tips makanan untuk anak alergi susu sapi yang bisa Anda coba.

Dalam kategori: Penyakit Alergi

Tags:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.