Cara Mengatasi Anak Bayi Muntah

Banyak orang tua yang merasa sangat khawatir apabila bayi mereka muntah atau biasa disebut dengan gumoh. Peristiwa anak bayi muntah seharusnya bukanlah hal yang aneh dan merupakan sesuatu yang banyak terjadi. Ternyata, gumoh dan muntah adalah dua buah kata yang mempunyai arti berbeda. Gumoh merupakan muntah kecil dengan volume cairan kurang dari 10 cc. kemudian, ada beberapa cara mengatasi gumoh yang akan kami sampaikan berikut ini.

Perhatikan posisi menyusui bayi

Ketika anda menyusui bayi, maka usahakan untuk benar-benar pas dengan bibir bayi menutupi seluruh puting. Hal ini dilakukan untuk mencegah udara masuk ke dalam mulut sehingga menyebabkan gumoh yang biasa terjadi.

Tengkurapkan bayi anda

Apabila bayi mengalami gumoh yang berlebihan, maka anda bisa menghentikannya dengan cara menengkurapkan bayi tersebut. Dengan posisi tengkurap, maka udara yang saat itu terperangkap di dalam lambung akan mudah keluar sementara masuknya cairan ke dalam paru-paru akan lebih mudah untuk dicegah.

Hindari kelebihan ASI

Akan lebih baik bagi anda untuk memberikan sedikit ASI kemudian diberhentikan sesaat. Berikan tempo ketika menyusui dan jangan selalu meyusui bayi dalam jangka waktu yang cukup lama.

Konsultasikan ke dokter

Apabila bayi gumoh secara terus-menerus, maka sangat disarankan bagi anda untuk berkonsultasi ke dokter dan mencari solusi terbaiknya.

Sebaliknya, muntah merupakan salah satu upaya dalam mengeluarkan racun dari saluran cerna di bagian atas. Ketika bayi anda sering mengalami muntah, maka anda bisa melakukan beragam hal berikut ini untuk mencegahnya.

  • Cuci tangan anda. kegiatan mencuci tangan dan kemudian membersihkan botol minuman bayi dengan sangat baik akan mencegah masuknya bakteri ke dalam mulut. Cobalah untuk terus menerapkan hal ini secara rutin agar bayi anda terbebas dari muntah dan mual.
  • Berikan susu dengan takaran yang cukup serta waktu yang tepat. Jangan sampai membuat bayi anda sangat lapar karena ia bisa mengkonsumsi susu dengan terburu-buru dan jumlahnya sangat banyak. Ketika bayi kelebihan cairan, maka potensi anak bayi muntah bisa sangat besar.

Dalam kategori: Seputar Bayi

Tags:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.