Tips Jitu Mengatasi Iritasi pada Kulit Bayi

Mengatasi iritasi pada kulit bayi bukanlah hal yang sulit, namun anda harus melakukannya dengan teratur. Iritasi merupakan masalah yang begitu banyak terjadi pada seorang bayi. Gejala iritasi biasanya timbul berbentuk bintik ruam, bintik berwarna merah, dan bayi akan terasa begitu perih ketika terdapat iritasi di kulitnya. Penyebab iritasi juga sangat beragam. Namun, kebanyakan bayi mengalami iritasi karena manajemen kebersihan tubuh yang dilakukan oleh orang tuanya belum baik. Sang ibu mungkin tidak cepat mengganti popok bayi sehingga bayi akan mendapatkan rasa gatal yang pada akhirnya berujung pada iritasi.

Berikut kami berikan tips jitu mengatasi iritasi pada kulit bayi anda. Selamat mencoba.

Bersihkan sesegera mungkin

Ketika anda mengetahui bahwa si bayi pup atau pipis, maka cepatlah bersihkan bagian bokong bayi dengan sabun yang lembut serta keringkan dengan segera. Pembersihan yang cepat menggunakan sabun antiseptic akan mencegah kuman yang ada pada kotoran menempel ke tubuh bayi sehingga menyebabkan iritasi pada tahap selanjutnya.

Konsultasi dengan dokter

Kalau bayi anda mengalami iritasi sementara banyak orang yang menyarankan pemberian salep, krim, dan beragam obat lainnya, maka jangan lakukan. Sangat dianjurkan bagi anda untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter dalam rangka menciptakan pengobatan yang terbaik. Konsultasikan pengobatan apa yang paling dianjurkan dan apabila sudah mendapatkan rekomendasi terbaik, barulah anda memutuskan pengobatan terhadap bayi.

Gunakan pakaian yang menyerap keringat

Ketika bayi anda mengalami iritasi, maka segera gunakan pakaian yang menyerap keringat. Melalui cara ini, bayi akan merasa lebih nyaman, dan tidak mudah berkeringat. Sirkulasi udara di kulit bayi juga akan berada dalam situasi yang lebih baik.

Hindari penggunaan bedak dan kosmetik

Bisa jadi, salah satu penyebab bayi anda mengalami iritasi adalah bedak yang biasa digunakan sehari-hari. Penggunaan bedak tersebut sebaiknya dihentikan sementara waktu sampai anda menemukan bedak terbaik sesuai dengan rekomendasi para dokter atau ahli kesehatan bayi.

Setelah menerapkan beragam cara di atas, anda juga harus melakukan pembersihan pada tubuh bayi secara teratur. Mengatasi iritasi pada kulit bayi akan lebih mudah apabila anda mencegahnya dan bukan mengobatinya ketika iritasi telah datang.

Dalam kategori: Seputar Bayi

Tags:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.