Beragam Tips Melatih Anak Menulis

Bagaimana melatih anak menulis? Tentunya melatih anak menulis bukanlah perkara yang mudah serta membutuhkan kesabaran dan kreatifitas orang tua setiap anak. seringkali, para orang tua bahkan tidak melakukan banyak hal yang erat kaitannya dengan pelatihan menulis kepada anak. mereka lebih suka atau cenderung menyerahkan segala bentuk pendidikan mulai dari membaca dan menulis kepada para guru di sekolah. Sangat disesalkan memang, karena orang tua sudah seharusnya banyak terlibat dalam pengajaran dan bukan hanya berpangku tangan. Berikut ini ada beberapa bagian penting dalam melatih anak menulis yang bisa anda coba di rumah.

Kembangkan minat dengan buku cerita

Sama halnya dengan membaca, minat dan pengetahuan anak mengenai kosakata harus dibangun terlebih dahulu. Anda bisa memberikan fondasi dengan cara membacakan banyak buku cerita kepada anak anda sendiri. Cara ini telah terbukti mampu membuat anak mempunyai minat yang cukup tinggi terhadap kosakata dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap beragam kosakata baru.

Bangun imajinasi anak anda

Menulis bisa dipicu melalui imajinasi. Sangat penting bagi anda untuk memicu imajinasi anak sehingga mampu berkembang dengan baik. Pada tahap pertama, ajak anak untuk menggambar sesuatu dengan bentuk yang sangat sederhana. Misalkan, anak diajak untuk menggambar balon, mobil, atau sebuah bola. Tanyakan kepada anak mengenai hal-hal yang berkaitan dengan gambar tersebut dan buatlah anak untuk mampu berbicara serta bercerita dengan baik terlebih dahulu.

Latih anak untuk menuliskan kata melalui gambar

Ketika anak belajar menggambar, maka teruslah tingkatkan kemampuan imajinasinya dalam menggambar. Melalui kegiatan tersebut anak mampu belajar menulis dengan baik bahkan untuk memegang sebuah pena serta pensil. Kemudian, ajak anak untuk mulai menulis nama gambar yang ia buat. Misalnya, instruksikan anak untuk menulis balon di bawah gambar balon yang ia miliki.

Pada tahap melatih anak menulis yang selanjutnya, silakan anda kembangkan lagi imajinasi anak dengan beragam pertanyaan yang erat kaitannya dengan gambar tersebut. Buat anak mampu menjawab dan kemudian instruksikan untuk kembali menulis.

Dalam kategori: Tumbuh Kembang Anak

Tags:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.