Penyebab Sariawan pada Bayi

Penyebab sariawan pada bayi yang utama adalah jamur. Sebuah organisme bernama Candida Albicans ini mempunyai bintik-bintik atau bercak yang terdapat di sekitar mulut bayi anda. Ada beberapa tempat dimana jamur tersebut bersarang. Rata-rata tempat seperti di dalam pipi, di atap mulut, gusi, dan lidah merupakan tempat yang sangat umum terjadi bintik serta bercak.

  • Jamur Candida bisa menjangkiti bayi karena beberapa alasan berikut ini.
  • Sistem kekebalan tubuhnya masih belum matang, sehingga dia kurang mampu melawan infeksi
  • Anda mengkonsumsi antibiotik tertentu yang mampu meningkatkan potensi penyebaran jamur candida.

Terkadang, kita juga menemukan sebuah bintik putih pada bibir bayi. Kendati demikian, ada kalanya bintik tersebut bukan merupakan jamur penyebab sariawan dan hanya berupa susu yang menempel. Oleh karena itu, langkah pertama adalah bukan melakukan penentuan bahwa setiap bintik putih merupakan jamur serta harus dibawa ke dokter. Cobalah untuk membersihkannya terlebih dahulu, jika bisa hilang, maka itu adalah residu susu.

Salah satu tanda sariawan pada bayi adalah sifat bayi yang mudah rewel. Misalkan, ia sering menangis. Kemudian setelah dicek ternyata sumber sakitnya berada di mulut. Maka anda harus melakukan penanganan cepat sebelum menyebar dan membuat bayi semakin rewel.

Temui dokter Anda jika Anda mencurigai bayi Anda memiliki sariawan. Dia mungkin meresepkan pengobatan antijamur oral, gel biasanya miconazole atau suspensi nistatin. Micozanole dianggap lebih efektif daripada nistatin.

Gunakan jari yang bersih untuk menerapkan sedikit gel ke daerah yang terinfeksi di mulut bayi Anda. Anda mungkin juga perlu menempatkan beberapa pada pantatnya jika sariawan telah menyebar. Selalu cuci tangan setiap kali Anda selesai mengobati bayi Anda, untuk menghentikan jamur dari menyebar. Ini mungkin mengambil beberapa minggu pengobatan untuk membersihkan infeksi.

Jika Anda menyusui maka Anda akan perlu diobati dengan pengobatan antijamur pada saat yang sama, bahkan jika Anda tidak memiliki gejala apapun. Ini akan mencegah Anda dari lewat infeksi kembali ke bayi Anda ketika Anda menyusui nya. Karena, penyebab sariawan pada bayi rata-rata muncul dari putting susu ketika menyusui.

Dalam kategori: Seputar Bayi

Tags:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.