Gejala Alergi Susu Sapi pada Bayi dan Cara Mengatasinya

Gejala alergi susu sapi pada bayi memang segera untuk diketahui kemudian diatasi dengan baik. Seorang bayi, tentu saja mempunyai sistem imun yang begitu rentan dan masih sangat lemah. Salah satu alergi yang banyak terjadi pada seorang bayi adalah alergi susu sapi. Sistem kekebalan tubuh bayi dan sistem pencernaanya belum mampu untuk bekerja dengan baik sehingga mengalami beragam gejala alergi.

Ada beberapa gejala alergi susu sapi pada bayi yang bisa anda ketahui dan rata-rata sama dengan alergi makanan lainnya. Biasanya, akan menyerang kulit, saluran pencernaan, dan saluran napas seorang bayi. Utnuk reaksinya, bayi akan mengalami reaksi jangka pendek berupa gatal-gatal di kulit dan pada reaksi jangka panjang, seorang bayi bisa mengalami asma, dermatitis, dan gangguan sistem pencernaan. Terdapat tiga pola reaksi alergi pada bayi yang sudah seharusnya anda ketahui mulai dar sekarang.

Reaksi alergi cepat. Gejala alergi susu sapi pada bayi yang cepat akan terlihat pada 45 menit pertama. Bayi akan memunculkan bintik merah atau gatal pada kulit. Juga, terdapat gangguan sistem pernapasan seperti bunyi ngik, bersin, hidung gatal, dan mata yang memerah.

Reaksi sedang. Ini merupakan gejala yang terlihat pada 45 menit pertama hingga 20 jam setelah bayi mengkonsumsi susu sapi yang membuatnya alergi. Gejala yang sering timbul dalam kategori reaksi sedang ini adalah muntah serta diare.

Reaksi lambat. Gejala mulai terlihat ketika lebih dari 20 jam setelah bayi anda mengkonsumsi susu sapi. Tanda-tanda atau gejala yang sering timbul adalah diare, konstipasi (sulit buang air besar) dan dermatitis (gangguan kulit).

Untuk mengatasi alergi susu sapi pada bayi, anda bisa mengantinya dengan susu berprotein nabati. Salah satu contohnya adalah mengganti dengan susu kedelai. Diyakini, protein kedelai tidak membuat bayi alergi serta mampu dicerna dengan baik. Tentu saja, sangat berbeda dengan susu sapi yang membuat bayi dapat mengalami alergi mulai muntah hingga diare. Itulah gejala alergi susu sapi pada bayi serta bagaimana cara mengatasinya.

Dalam kategori: Kesehatan

Tags:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.