Cara Mengatasi Sulit Buang Air Besar

Bagi anda yang sering mengalami kesulitan dalam buang besar tentunya anda harus mengetahui cara mengatasi sulit buang air besar secara alami. Karena kesehatan adalah aset utama dalam kehidupan yang harus diperhatikan. Kebiasaan dan frekuensi buang air besar normal dari setiap orang pastinya berbeda-beda. Frekuensi buang air besar yang masih bisa dikatakan dalam batas wajar adalah mulai dari 3 kali sehari hingga 3 kali sekali. Frekuensi buang air besar yang berbeda pada setiap orang tersebut terjadi karena perbedaan jenis diet, asupan cairan dan kecepatan pergerakan usus masing-masing. Semakin banyak anda mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang mengandung dan minum air putih maka buang anda akan lebih sering dan lebih banyak. Dan ini tentunya akan semakin baik bagi kesehatan kita.

Setelah anda mengetahui penyebab dari sulitnya buang air besar tentunya anda akan lebih hati-hati dalam mengkonsumsi makanan dan minuman untuk menjaga kesetabilan frekuensi buang air besar. Di sini kami akan membagikan sedikit cara mengatasi sulit buang air besar secara alami yang dapat anda lakukan atau anda terapkan dalam kehidupan anda.

  • Dengan minum 6-8 gelas cairan dan 3-4 kali makanan yang mengandung serat (sayuran dan buah-buahan) setiap harinya.
  • Minum obat penlancar ( obat ini hanya boleh diminum beberapa hari saja, karena pemakaian jangka panjang akan melemahkan dan memperberat konstipasi)
  • Bila kedua tindakan diatas tidak berhasil, konstipasi menetap atau tidak wajar anda sebaiknya periksa ke dokter.
  • Adapun tips terakhir yang dapat anda lakukan dengan ambil satu sendok teh kopi, beri gula secukupnya, tambahi sedikit garam kemudian seduh dengan air mendidih dan minumlah ketika hangat-hangat kuku. Anda dapat melakukannya dua kali sehari pagi dan sore.

Itulah beberapa tips yang dapat kami bagikan pada anda, kesulitan dalam membuang air besar janganlah dianggap hal sepele karena akan berakibat fatal. Untuk itu jagalah kesehatan anda. Dengan cara mengatasi sulit buang air besar di atas semoga dapat membantu anda yang mempunyai masalah tersebut. Selamat mencoba.

Dalam kategori: Kesehatan

Tags:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.