Tips dan Cara Mengasuh Bayi Baru Lahir

Bagi para wanita yang akan menjadi calon ibu pastinya harus mengetahui tips dan cara mengasuh bayi baru lahir. Karena hal ini sangat penting untuk diperhatikan, perawatan bayi baru lahir dengan intensif akan berdampak baik pula pada bayinya. Ketika bayi lahir di dunia maka bayi akan menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Karena belum bisa berbicara dan berkomunkasi dengan jelas maka jalan satu-satunya adalah menangis. Tangisan bayi yang apabila dicermati memiliki nada-nada yang berbeda. Ada tangisan kesakitan, tangisan lapar dan tangisan gelisah.

Bagi yang anda yang belum pernah merawat bayi tentu bingung untuk menanggapi tangis dan merawatnya dengan benar. Di sini kami akan membagikan tips dan cara mengasuh bayi baru lahir, diantaranya:merawat bayi baru lahir yang pertama adalah membuat bayi nyaman. Ketika bayi lahir dari rahim maka suhu tubuh yang diterima akan berubah, tidak sehangat dan senyaman ketika di rahim. Yang perlu di lakukan adalah memahami kondisi bayi, jika bayi kedinginan biasanya akan bersin-bersin, jika memang demikian, berilah minyak telon dan bedonglah sejenak. Jika bayi gelisah dan keringatan banyak, artinya bayi kepanasan, maka aturlah suhu sirkulasi udara mengalir dengan baik. Pilihkanlah pula pakaian berbahan katun atau kaos yang lembut.

Dalam hal ini pada dasarnya bayi akan tenang bila dia dalam keadaan nyaman dan kenyang. Bayi yang dulunya disuplai makanan melalui placenta, kini harus berjuang memasukan asupan makanan ASI melalui mulutnya. Karena bingung dan merasa lapar, maka dengan tangisanlah dia berkomunikas. Untuk itu perhatikan tangisan bayi tersebut dengan mengamati dan hafalkan cara menangisnya. Karena menenangkannya tidak ada cara lain kecuali memberinya susu atau air susu ibu. Bayi yang belum lahir, belum piawai menyusu. Untuk itu harus diajarkan cara menyusu yang benar. Tips selanjutnya adalah dengan sellau waspada ketika bayi terbangun bayi yang baru lahir belum memiliki ritme khusus untuk tidur bangun. Mereka masih belum bisa membedakan antara siang wkatu bermain dan malamm beristirahat. Untuk itu matikanlah lampu saat malam hari dan ciptakan suasana yang hening. Jika hal ini konsisten anda lakukan maka bayi akan mengerti dan akan tertidur pulas saat malam hari. Jadi itulah tips dan cara mengasuh bayi baru lahir yang perlu anda ketahui.

Dalam kategori: Seputar Bayi

Tags:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.