Tips Mendidik Anak Laki Laki

Karakter anak laki-laki dan perempuan sangatlah berbeda ada beberapa tips mendidik anak laki laki. Karena anak laki-laki lebih susah diatur dibandingkan anak perempuan. Anak lelaki juga tampak seprti tidak mendengarkan ketika diarahkan oleh orang tuanya. Orang tua sebaiknya mulai berfikir untuk mendisiplinkan anaknya sejak ia dilahirkan, karena disiplin bukanlah sesuatu yang dapat diperkenalkan pada tahap tertentu. Kebanyakan ornag tua membutuhkan disiplin ketika anak laki-lakinya menjadi balita, tentu saja belum terlambat untuk memulai tapi alangkah baiknya jika bisa dimulai sebelumnya.

Memang dalam menerapkan disiplin pada anak laki-laki tidak sebaik anak perempuan.. Pendengarannya lebih sensitive dari pusat verbal diotaknya berkembangkan lebih cepat, karenanya bisa memberikan respon lebih baik dan ini berbeda pada anak laki-laki. Adapun beberapa tips mendidik anak laki laki yang efektif dan paling baik untuk mendidik anak laki-laki supaya di siplin dan tidak keras kepala terhadap orang tua.

  1. Orang tua harus memberikan contoh prilaku disiplin pada anak, bukan hanya melalui perkataan namun melalui tindakan, karena anak lebih suka meniru.
  2. Orangtua sebaiknya tidak mengajarkan disiplin pada anak laki-laki melalui kekrasan, karena keras yang ditujukkan akan membuat anak laki-laki semakin sulit untuk disiplin.
  3. Memanjakan anak yang berlebihan dengan menuruti setiap keinginannya juga tidak baik, tapi bukan berarti orang tua harus bersikap keras pada anaknya. Ketika anak melakukan sesuatu yang baik cobalah untuk memberikan pujian namun ketika anak berbuat salah jangan langsung dimarah tapi cukup dengan nada tegas diberitahunya.
  4. Tentukan batas-batas yang tegas terhadap aturan yang ada karena tanpa batas anak laki-laki tidak tahu apa aturannya sehingga jadi memberontak. Orang tua serius dan konsisten menegakkan aturan akan mempengaruhi prilaku anak.
  5. Saat anak mulai menunjukan kedewasaan dan bertanggung jawab, maka batasan ini bisa mulai dikendalikan untuk membantu terus berkembang dan mengasah keterampilan proses bepikir kritisnya.

Bebrapa tips mendidik anak laki laki di atas merupakan tips yang dapat membantu anda dalam mendidik anak anda tanpa kekrasan.

Dalam kategori: Tumbuh Kembang Anak

Tags:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.