Tips dan Cara Mendidik Anak Umur 2 Tahun

Mendidik anak usia 2 tahun adalah hal yang tidak mudah untuk dilakukan oleh orang tua untuk itu harusnya mengetahui beberapa tips dan cara mendidik anak umur 2 tahun. Anak yang cerdas dapat ditentukan melalui bagaimana orangtua mendidiknya dengan cara yang baik dan benar. Selain itu pula memahami pola piker anak gampang-gampang susah. Berbeda usia berbeda pula cara berpikirnya. Sejak lahir dan berkembang, ada proses kognitif yang terjadi pada dirinya. Proses-proses kognitif mencakup legiatan berpikir, menalar, belajar dan memecahkan masalah. Orang tua yang ingin memahami jalan pikir anak, tentu harus mengetahui perkembangan umum kognitif mereka disetiap tahapan usia.

Pada usia 0-2 tahun, anak sudah mulai memersepsi dan bertindak, perkembangan itu dapat dilihat dari perkembangan motorik mereka, misalnyya di usia 0-1 bulan kemampuan motorik mereka sebatas melatih reflex yang sudah ada. Contohnya menghisap putting ibunya saat menyusu. Pada usia 1-4 bulan, bayi sudah bisa mengulang tindakan seperti membuka dan menutup telapak tangan dan selanjutnya. Adapun tips dan cara mendidik anak umur 2 tahun yang harus dilakukan oleh orang tua yaitu dengan merangsang anak lebih kreatif dalam berpikir. Seperti memberikan makanan yang kaya gizi sekaligus baik untuk meningkatkan kecerdasan, misalnya ikan yang kaya dengan omega 3. Kenalkan dengan alat music yang juga akan melatih keseimbangan otak anak.

Selain itu untuk anak usia 2 tahun biasakan anak anda sarapan, karena dengan membiasakan sarapan pada anak akan membuat memori anak meningkat dan lebih kosentrasi. Hal ini berkaitan dengan jumlah asupan gizi di pagi hari. Umunya banyak cara yang bisa dilakukan orang tua untuk membantu mempercepat perkembangan kepribadian buah hati yang masih balita, terutama untuk perkembangan anak umur 2 tahun. Dengan mengajarkan anak makan sendiri merupakan salah satu didikan yang tepat untuk diajarkan pada mereka oleh orang tua. Untuk itu pelajarilah tips dan cara mendidik anak umur 2 tahun agar anak anda menjadi anak yang cerdas dan kreatif.

Dalam kategori: Tips Anak

Tags:

RSSComments (1)

Leave a Reply | Trackback URL

  1. azizajamaluddin says:

    saya mau nanya bu,anak saya ini umur 2 tahun 4 bulan dia sering pergi main sama temannya,tapi anak saya ini kalo liat temannya makan kue atau apa dia juga mau kebutulan teman mainnya pelit,jadi saya kasian sama anak saya,mau tapi nga dikasi ma temannya makanya saya ambil dari tempat mainnya, dia ngamuk dan nangis lama karena saya mau belikan kue yang kaya dimakan temannya tapi nga ada djual kl suda siang,jadi saya sudah cape bujuk dia tapi dia nga berhenti nangis makanya saya cubit,apa itu salah cara saya membujuk dia,saya nyesal cubit anak saya.tolong msukannya bu.

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.