Mengatasi Anak Susah Makan dan Minum Susu

Pada umumnya masalah mengatasi anak susah makan dan minum susu merupakan hal klise dan banyak orang mengalami, termasuk saya sendiri dengan dua anak yang tentunya masing-masing punya karakter berbeda dna unik. Meskipun masalah yang biasa namun perlu ditangani serius karena makan memiliki tiga fungsi yang baik, yaitu pemenuhan kebutuhan gizi dan energy, edukasi dan entertainment. Pada dasarnya setiap anak perlu pendekatan berbeda tapi konsepnya sama dan terbukti si adik yang awalnya sama sekali tidak mau minum susu formula sekarang dengan lahap meminumnya bahkan memintanya begitupun juga nafsu makannya menjadi lebih bagus. Sedangkan si kakak meskipun nafsu makan tidak sebagus sang adik mengalami perkembangan yang signifikan.

Bila anak anda mengalami kendala susah makan dan minum susu, jangan emosi. Berpikirlah dengan tenang dan aturlah strategi sebagai cara mengatasi anak susah makan dan minum susu.  Dibawah ini kami akan memberikan kiat-kiat yang bisa anda manfaatkan, diantaranya:

  1. Untuk ibu yang bekerja diharuskan untuk meluangkan waktu sebentar saja tetapi berkualitas untuk menyuapi anaknya. Sebab sebenarnya anak-anak sangat mengerti bila ibunya bekerja.
  2. Berikanlah kepuasan psikis kepada anak sesuai dengan usianya, dan buatlah agar suasana hatinya senang, misalnya anak makan sambil jalan-jalan, melihat kereta api dan lain-lain. problem utama anak susah makan itu 6-2 tahun.
  3. Ketika orangtua baik ibu ataupun ayahnya pulang kerja , pertama kali yang harus dipegang atau disapa adalah anaknya. Jangan memaksa anak makan sampai mencekoki, mencubit atau bahkan memelototi.
  4. Sebaiknya sedini mungkin kita menerapkan penghargaan dna hukuman yang edukatif. Misalnya pada waktu anak mau makan dipuji, diajak jalan-jalan, ciuman, peluklah. Bila tidak mau makan, katakana misalnya ibu atau ayah tidak mau lihat televise bersama-sama tidak mau jalan-jalan pagi.
  5. Pada kasus anak yang mengalami gangguan psikis yang manifestasinya pada lambung dengan muntah bisa teratasi kira-kira setelah tiga tahun.. namun kasus seperti itu jarang dan tidak menjadi masalah asal kebutuhan gizi, kalori lemak protein tercukupi.

Beberapa hal diatas merupakan cara-cara mengatasi anak susah makan dan minum susu yang dapat anda terapkan dalam menghadapi anak anda yang susah makan dan minum susu.

Dalam kategori: Informasi Kesehatan

Tags:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.