Cara mengatasi Anak Susah Makan

Anak-anak memang agak sulit dimengerti, apalagi kalau anak kita susah sekali untuk makan . Sebagai orang tua tentunya ingin tahu bagaimana sih cara mengatasi anak susah makan. Karena anak susah makan biasanya membuat orangtua jadi khawatir. Si anak mungkin merasa dirinya baik-baik saja, tapi orang tua tahu jika anak makannya susah maka anak akan kekurangan nutrisi. Nah dibawah ini adalah cara mengatasi anak susah makan.

Langkah Awal Cara Mengatasi Anak Susah Makan

1. Sejak masih bayi  agar anak nanti senang makan, maka orang tua jangan terlambat mengenalkan makanan pada usia bayi 6 bulan. Pada usia usia tersebut orang tuh harus mulai mengenalkan makanan-makanan padat pada anak.

2. Orang tua harus kreatif memvariasikan makanan untuk bayi dengan tujuan mengenalkan berbagai macam rasa pada anak sejak masih bayi. Hal ini harus dilakukan karena anak mempunyai kecenderungan untuk menolak rasa yang belum pernah dikenalnya.

 

Tips Dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Ketika Mulai Besar

1. Untuk  anak yang  sudah agak  besar, orang tua perlu memberikan suasana makan yang menyenangkan untuk   anak. Anda bisa sambil menyetel  lagu-lagu anak atau dengan makan bersama-sama anggota keluarga yang lain. Hal ini akan menimbulkan efek mood yang baik untuk anak karena dia akan merasakan suasana yang hangat dan menyenangkan.

2. Cara mengatasi anak susah makan berikutnya yaitu  dengan menvariasikan menu makan anak.  Ini dilakukan agar anak tidak mudah merasa bosan.  Selain variasi, penampilan makanan juga akan menjadi daya tarik tersendiri untuk anak. Karena anak menyukai makanan yang ditampilkan dengan menarik,Contoh membuat nasi goreng, kita bikinkan seperti bentuk ikan, gunakan wortel yang dibentuk seperti mata dan mulut ikan, timun kita potong menjadi ekor ikan misalnya contoh menyediakan telur dengan dihiasi wortel dan cabe merah yang membentuk gambar kepala yang lucu dan tersenyum. Silahkan anda kreasikan sendiri bentuknya, pasti anak akan lebih tertarik untuk makan.

3. Selanjutnya adalah memberikan makanan selingan untuk anak anda. Memberikan makanan selingan dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi terutama bagi anak yang susah makannya. Namun pastinya kita harus memperhatikan kandungan giziyang ada pada makanan selingan tersebut agar dan tetap memperhatikan kehigienisan makanan serta kandungan vitamin atau gizinya. Jangan sampai anak diberikan makanan snack-snack yang mengandung pewarna dan penyedap rasa yang akan membahayakan kesehatan anak.

4. sebagai orang tua, anda harus menghindari  gaya memaksa dan mengancam dalam menyuruh anak untuk makan. Selalu gunakan gaya persuasikepada anak  atau mengajak dengan membujukanya, menggunakan nada suara yang lembut serta jelaskan arti pentingnya makan untuknya. Sesekali libatkanlah anak Anda untuk menyiapkan makanannya sendiri untuk menumbuhkan semangatnya untuk makan. Selain mengenalkan jenis makanan yang bisa dikonsumsi, kegiatan ini juga cukup menyenangkan.

5. Gunakan perlengkapan makan dengan bentuk dan warna yang menarik seperti bentuk miki mouse, bentuk beruang dan bentuk-bentuk menarik lainnya. Pilih piranti berlabel food grade sehingga aman dan tidak mencemari makanan anak anda. Berikan makan secara sedikit demi sedikit, tetapi usahakan sesering mungkin. itulah point terakhir dari cara mengatasi anak susah makan.

Dalam kategori: Tips Anak

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.