Cara Mendidik Anak Yang Baik Dan Benar

Setiap orang tua selalu menginginkan anaknya dapat menjadi orang yang baik dan berakhlak mulia, oleh sebab itu sejak usia dini banyak mengajarkan anaknya tenatang kebaikan. Selain itu, khususnya mereka yang beragama muslim juga sudah mengajari anak – anak mereka sholat supaya nantinya bisa terbiasa beribadah ketika sudah besar. Namun sayangnya tidak semua orang tua tahu bagaimana cara mendidik anak yang baik dan benar, bahkan ada juga yang mendidik anaknya dengan keras.

cara mendidik anak yang baik

Walhasil mereka yang mendidik anaknya dengan cara seperti malah membuat anak trauma, dan bahkan bisa membuat anak berprilaku kasar pada orang lain. Maka dari itu, mendidik anak haruslah dengan cara yang benar, sebab anak bisa diibaratkan seperti kertas kosong yang siap menerima coretan. Intinya, jika kita mengajarkan kebaikan, maka si anak juga akan melakukan kebaikan, begitu juga sebaliknya. Bah buat anda yang ingin mendidik anak anda dengan cara yang benar, yuk simak tips berikut ini.

1. Memberi Contoh Yang Baik
Anak  Рanak layaknya sebuah mesin photocopy, apa yang dilihatnya akan langsung ditiru semirip mungkin. Jadi supaya anak anda dapat bersikap baik, maka anda sebagai orang tua juga harus memberikan contoh yang baik, khususnya tidak mengeluarkan kata Рkata kasar dihadapan anak.

2. Jangan Memarahi Anak
Ketika anak anda melakukan kesalahan, sebaiknya jangan memarahinya dengan nada yang tinggi. Sebaiknya dinasehati saja dengan cara berbicara yang lemah lembut, sehingga si anak nantinya akan lebih cepat mengerti jika apa yang telah dilakukannya tersebut merupakan sesuatu yang salah.

3. Memberi Hadiah
Terkadang untuk memancing anak –¬† anak supaya mau meningkatkan pretasinya harus diiming – imngi terlebih dahulu, misalkan jika mereka bisa mendapatkan nilai yang baik pada raportnya akan dikasih hadiah semisal sepatu baru. Jika melakukan hal ini maka si anak akan semakin giat dalam belajar, sebab akan ada motivasi tersendiri bagi si anak.

4. Memberi Perhatian
Aanak Рanak lebih membutuhkan perhatian orang tuanya ketimbang uang, oleh sebab itu sesibuk apapun anda sebisa mungkin luangkan waktu anda untuk memberikan perhatian pada anak. Misalnya anda mengajak anak anda bermain, dengan begitu anak akan semakin dekat dengan anda dan secara tidak langsung anda juga bisa mengetahui perkembangan  si anak.

Dengan melakukan beberapa tips di atas, kami yakin anak anda akan dapat menjadi orang yang baik. Yang perlu diketahui, cara mendidik anak juga mempengaruhi seperti apa karakter anak tersebut jika sudah dewasa, jadi jangan samoai anda mengajarkan hal yang tidak baik untuk anak anda.

Dalam kategori: Informasi Seputar Anak

Tags:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.