Dampak Kekerasan Terhadap Anak

Kekerasan dalam rumah tangga juga seringkali menimpa anak, biasanya anak akan menjadi sasaran dari kemarahan orang tuanya ketika sedang bertengkar. Selain itu, kekerasan pada anak biasanya meliputi kekerasan fisik, kekerasan mental, dan bahkan kekerasan seksual yang kini marak terjadi. Sebenarnya orang tua sendiri harus menyayangi anaknya dan memberikan pengertian yang baik jika si anak melakukan keselahan, dan bukan menegurnya dengan tindak kekerasan.

kekerasan pada anakNamun sayangnya masih banyak juga yang memberlakukan sistem hukuman pada anaknya jika melakukan kesehalan, pada sebagian anak memang dapat memberikan efek jera, namun pada sebagian anak lainnya malah akan membuat akhlak si anak menjadi kurang baik. Dan berikut ini adalah beberapa contoh dari dampak kekerasan terhadap anak, baik itu kekerasan fisik ataupun kekerasan seksual.

Kekerasan Fisik
Seperti yang kami sebutkan tadi, tidak sedikit orang tua yang masih memberlakukan sistem hukuman jika anaknya melakukan keselahan. Bahkan ada juga yang sampai melakukan kekerasan fisik, semisal memukuli si anak ataupun menjewernya. Bahkan ada juga yang menyebabkan si anak menderita luka yang serius, seperti kulitnya menjadi memar. Selain merasakan sakit yang luar biasa, anak yang diperlakukan seperti itu biasanya sering mengalami gangguan mental dan takut bertemu orang. Disamping itu juga, hal seperti ini akan membuat hubungan antara anak dan orang tua menjadi lebih renggang karena si anak takut dengan orang tuanya.

Kekerasan Seksual
Hal seperti ini sebenarnya sangat disayangkan, entah apa penyebabnya orang tuanya tega melakukan kekerasan seksual pada anaknya. Apa pun alasan mereka, tetap saja tindakan kekerasan seksual pada anak tidak bisa dibenarkan. Terlebih anak yang menerima perlakukan seperti itu juga akan membuatnya mengalami gangguan sikis, misalkan takut bertemu dengan orang banyak, serta rasa minder untuk mencari pasangan.

Apapun bentuknya, kekerasan terhadap anak sama sekali tidak bisa dibenarkan. Terlebih dampak yang ditimbulkannya juga sangat tidak baik, oelh sebab itu jangan pernah melakukan tindakan kekerasan pada anak anda walau sekcil apapun itu.

Dalam kategori: Informasi Seputar Anak

Tags:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.