Cara Belajar Membaca Anak

Cara mengajar anak membaca memang perlu ketelatenan dari kita sebagai orang tua, selain telaten kita juga perlu sabar dan jangan tergesa-gesa menginginkan target yang muluk-muluk untuk si kecil, kita bisa mulai dari target yang mudah di capai oleh anak terlebih dahulu. bunda ada beberapa cara mengajar anak membaca yang bisa bunda coba di rumah. Di sini akan di paparkan satu persatu cara mengajar anak membaca sehingga anda bisa langsung memulainya di rumah.

Bunda cara mengajar anak membaca di rumah ada beberapa hal yang bisa bunda coba terapakan :

1. ciptakan suasana yang menyenangkan saat mengajarkan membaca pada anak

2. jangan terlalu sering memberikan tes kepada anak, usahakan jangan sampai anak merasa bosan sehingga membuat ia malas membaca lagi.

3. Sebaiknya atur waktu yang tepat saat si kecil siap untuk belajar membaca misal saat anda bermain bersamanya di selingi dengan membaca beberapa detik kemudian main lagi dan membaca lagi.

4. Sebaiknya siapkan beberapa flas card atau kalau bunda pernah baca buku glen doman bunda bisa coba terapakan di rumah.

5. jika bunda belum bisa menerapkan metode glen doman karena tidak ada alatnya, anda bisa beli flas card yang murah banyak di jual di toko-toko buku.

6. Anda bisa membuat kurikulum sederhana untuk si kecil misal untuk minggu pertama siapkan flas card tentang nama-nama keluarga, dst

7. Awali denagn mengajarkan anak kata-kata terlebih dahulu, bunda jangan memulai dengan mengajarkan abjad karena akan membuat anak bingung.

8. Buatlah suasana yang menyenangkan sehingga anak ketagihan untuk membaca lagi.

9. Anda harus tetap optimis sejelek apapun metode yang anda gunakan yang penting bunda sudah berusaha dan pasti akan ada perubahan pada anak ketimbang kita tidak pernah mengajarkan apapun pada mereka.

10. Langkah terakhir siapkan target yang ringan yang kira-kira bisa bunda dan si kecil capai misal paling tidak dalam 1 bulan dia mampu membaca satu kata.

Nah, itulah beberapa cara mengajarkan anak membaca di rumah.
Selamat mencoba di rumah, semoga sukses ^_^

Dalam kategori: Informasi Seputar AnakPendidikan

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.