Penyakit Tipes Anak : Penyebab, Gejala Dan Cara Mencegahnya

Penyakit Tipes atau dalam bahasa kedokteran dikenal dengan Typhus Abdominalis (typhoid) disebabkan oleh sejenis kuman yang disebut dengan Typhoid Bacillus. Kuman ini menyerang jaringan – jaringan getah bening. Penyakit ini sering menyerang pada anak yang berumur diatas 2 tahun. Walaupun sebenarnya tidak termasuk sebagai penyakit yang berbahaya, namun seringkali membuat para orang tua khawatir karena gejala yang mengikuti penyakit tipus ini yang biasanya juga bisa mengakibatkan dehidrasi serta radang otak bila tidak ditangani dengan benar.

Penyebab Penyakit Tipes:

Tipes adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella enterica, khususnya turunannya yaitu Salmonella Typhosa. Sebagai penyebab tipes, bakteri Salomenella Typhosa bisa masuk ke dalam perut karena tertelan lewat makanan atau minuman tercemar. Bakteri ini kemudian bersarang di usus halus, lalu menggerogoti dinding usus. Jika kondisi ini dibiarkan, usus bisa luka dan sewaktu-waktu tukak tipus bisa jebol dan usus jadi bolong.
Kebanyakan penyakit tipes ditularkan melalui kotoran. Termasuk kuman yang hidup normal dalam usus hewan, ternak dan reptil, sumber daging unggas unggas kurang matang, telur, melalui anjing, kucing, makanan dan minuman tercemar (batu es), dari carrier yaitu orang sehat tetapi membawa kuman.

Gejala Penyakit Tipes:
Penyakit tipes bisa menyerang saat bakteri tersebut masuk melalui makanan atau minuman, sehingga terjadi infeksi saluran pencernaan yaitu usus halus. Kemudian mengikuti peredaran darah, bakteri ini mencapai hati dan limpa sehingga berkembang biak disana yang menyebabkan rasa nyeri saat diraba.
Gejala klinik tipes pada anak biasanya memberikan gambaran klinis yang ringan bahkan dapat tanpa gejala (asimtomatik). Secara garis besar, tanda dan gejala yang ditimbulkan antara lain:

1. Demam lebih dari seminggu. Siang hari biasanya terlihat segar namun menjelang malamnya demam tinggi.

2. Lidah kotor. Bagian tengah berwarna putih dan pinggirnya merah. Biasanya anak akan merasa lidahnya pahit dan cenderung ingin makan yang asam-asam atau pedas.

3. Mual Berat sampai muntah. Bakteri Salmonella typhi berkembang biak di hatidan limpa, Akibatnya terjadi pembengkakan dan akhirnya menekan lambung sehingga terjadi rasa mual. Dikarenakan mual yang berlebihan, akhirnya makanan tak bisa masuk secara sempurna dan biasanya keluar lagi lewat mulut.

4. Diare atau Mencret. Sifat bakteri yang menyerang saluran cerna menyebabkan gangguan penyerapan cairan yang akhirnya terjadi diare, namun dalam beberapa kasus justru terjadi konstipasi (sulit buang air besar).

5. Lemas, pusing, dan sakit perut. Demam yang tinggi menimbulkan rasa lemas, pusing. Terjadinya pembengkakan hati dan limpa menimbulkan rasa sakit di perut.

6. Pingsan, Tak sadarkan diri. Penderita umumnya lebih merasakan nyaman dengan berbaring tanpa banyak pergerakan, namun dengan kondisi yang parah seringkali terjadi gangguan kesadaran.

Pantangan makanan untuk penyakit tipes:
- Sayur – sayuran tinggi serat (bayam, kangkung, dll)
- Pedas (cabe, merica)
- Pada lima hari pertama buah – buahan juga tidak diperkenankan, kecuali air jeruk yang diminum sesudah makan.

PENCEGAHAN PENYAKIT TIPUS:
Karena penyakit ini menyerang saluran pencernaan, maka hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit tipus ini adalah dengan cara menjaga kebersihan makanan yang kita konsumsi. Ini tidak hanya berarti makan jadi yang kita konsumsi harus selalu bersih, namun kita juga harus memperhatikan mulai dari sumber bahan makanan, cara pengolahan, serta cara penyajiannya. hal terpenting adalah sebisa mungkin mneghindari mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak bahan kimia dan bahan pengawet.
Selain itu, pencegahan terhadap penyakit tipus ini bisa dilakukan dengan cara mendapatkan imunisasi tipus. Imunisasi jenis ini diberikan sebanyak 3x, yaitu pada umur 15 bulan, 16 bulan, dan 17 bulan dan pengulangannya dilakukan 3 tahun sekali. Imunisasi ini juga bisa diberikan kepada orang dewasa jika salah satu anggota keluarganya ada yang mengalami serangan penyakit tipus.

Dalam kategori: Informasi KesehatanInformasi Seputar AnakPenyakit Demam

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.