Jenis Penyakit Infeksi Pada Anak

Penyakit anak banyak sekali jenisnya, salah satunya adalah penyakit infeksi pada anak. Penyakit ini bisa menyebabkan gangguan serius pada pertumbuhan dan perkembangan fisik dan juga mental anak. Bila tidak ditangani dengan benar bisa mengakibatkan kematian.

1. Tuberculosis
Meskipun secara umum penyakit ini lebih banyak menyerang paru-paru tetapi bisa juga memberikan komplikasi pada tulang, ginjal, usus dan otak.

2. Hepatitis B
Penyakit infeksi yang menyerang hati yang mungkin tanpa gejala sama sekali. Penyakit ini bisa menyebabkan kegagalan fungsi hati atau kanker hati kelak di kemudian hari.

3. Diphteria
Ini adalah penyakit yang menyerang tenggorokan. Gejala pertama dari Diphteria bukan sakit pada tenggorokan, tetapi anak sumeng-sumeng saja (tidak panas tinggi) dan lemah serta pernapasan yang tersumbat. Tenggorokan tidak sakit dan tidak ada panas tinggi. (Berbeda justru dengan tonsilitis akut).
Seringkali dengan pembekakan leher. Bahay penyakit terletak pada EKSOTOKSIN yang dikeluarkan oleh kuman yang bersarang ditenggorokan, yaitu ke organ-organ terutama ke jantung, jaringan saraf dan ginjal yang dapat mengakibatkan kegagalan jantung, kelumpuhan pernapasan dan gangguan fungsi ginjal.

4. Pertussis atau Batuk Rejan
Gejala khas penyakit ini adalah serangan batuk yang lama yang diikuti dengan suara melenguh sewaktu anak tersebut menarik napas. Penyakit ini bisa menyebabkna pneumonia karena kerasnya batuk, dapat terjadi perdarahan dijaringan otak, perdarahan bola matanya.

5. Tetanus
Terdapat dua macam tetanus yaitu, tetanus pada bayi timbul setelah dilahirkan karena tercemarnya tali pusat bayi dengan kuman tetanus. Gejala khas tidak dapat menetek, karena mulut kejang dan tertutup rapat. Sedangkan tetanus pada anak, kejang-kejang yang dimulai dari mulut yang tidak dapat dibuka dan kemudian disusul dengan kejang seluruh badannya.

6. Poliomyelitis
Penyakit ini menyerang sistim syaraf terutama otak dan sum-sum tulang belakang. Bisa menyebabkan kelumpuhan terutama tungkainya yang mengakibatkan cacat seumur hidupnya dan tergantung pada masyarakat sekitarnya dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

7. Campak
Penyakit ini sangat mudah menular. Gejala biasanya dimulai dengan demam tinggi dan pada hari kelima timbul ruam kulit diseluruh tubuhnya disertai batuk dan pilek yang berat ditambah dengan mata merah dan mengeluarkan kotoran.

8. Gondong
Penyakit ini terutama menyerang kelenjar ludah tetapi bisa menyebar ke bagian otak, telinga sehingga menyebabkan ketulian serta infeksi kandung pelir sehingga menyebabkan kemandulan.

9. Rubella atau Campak Jerman
Apabila mereka terkena infeksi sewaktu dalam keadaan mengandung, anak-anak yang dikandung bisa dilahirkan dengan cacat pendengaran, kebutaan ataupun cacat mental.

Dalam kategori: HepatitisInformasi KesehatanInformasi Seputar AnakPenyakit Ginjal

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.