Anak Susah Makan Nasi

Orang tua sering khawatir ketika anak tidak mau makan nasi, Padahal nasi sangat penting untuk pertumbuhan si kecil. Nasi merupakan sumber karbohidrat, Namun jika anak tidak menyukai nasi bisa digantikan dengan makanan pengganti karbohidrat seperti kentang, umbi-umbian, dan juga roti. Yang harus anda hindari adalah memaksakan kehendak agar anak mau makan seperti memaksa, memarahi, membentak bentak dan memberi hukuman pada anak yang tidak mau makan terkadang bukan solusi yang tepat agar anak mau makan. Karena memaksa anak makan hanya menimbulkan trauma anak pada makanan sehingga anak akan semakin takut dengan makanan terutama nasi.

Berikut ini kami sertakan tips yang dapat membantu anak untuk menyenangi makanan dan makan dengan lebih mudah:

Mengurangi cemilan yang membuat anak kenyang

Buat suasana makan yang menyenangkan bagi anak

Jangan cepat menyerah jika anak tidak menyukai makanan yang kita tawarkan. Coba ulangi lagi dengan suasana yang berbeda.

Sajikan makanan yang cukup bervariasi kepada anak sehingga anak tidak bosan.

Tambahkan susu secukupnya. Jangan berikan susu pada anak dalam jumlah berlebihan. Jumlah susu yang berlebihan akan menyebabkan anak kekenyangan sehingga anak tidak mau makan lagi.

Berikan jadwal makan teratur dalam jumlah yang kecil, jangan paksa anak menghabiskan makanannya

Hindari menunjukkan wajah khawatir atau marah ketika anak tidak mau makan. Perhatian terhadap kelakuan anak yang kurang baik justru dapat membuat anak terus melakukannya lagi

Bila anak mau makan atau mau menghabiskan makanannya maka berilah pujian

Jangan biarkan anak minum dalam jumlah banyak sesaat sebelum makan. Minum dapat membuat kenyang dan membuat anak tidak mau makan.

Dalam kategori: Susah Makan

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.