Anak 1 Tahun Susah Makan

Anak di usia 1 tahun sering kali mengalami susah makan. Jika ditelusuri banyak sekali penyebabnya antara lain:

*belum terampil mengolah makanan di mulutnya
*tekstur makanan yang tidak sesuai dengan tingkat perkembangannya
*suasana makan yang kurang menyenangkan
*trauma dengan acara makan
*bosan dengan menu makan atau cara penyajiannya

Gejala yang sering dialami anak ketika sulit makan juga beragam diantaranya adalah sebagai berikut.

Mengeluarkan makanan kembali dengan lidahnya

Hal ini biasanya dilakukan oleh anak umur 6 bulan ke atas yang baru belajar makan, kemungkinan disebabkan organ-organ mulutnya belum terampil mengolah makanan, mereka merasa aneh dengan makanan yang baru baginya. Bagi orang tua sebaiknya tekstur makanannya diperlembut dan tetap sabar menyuapi.

Menyemburkan makanan

Hal ini terjadi karena anak sedang mengeksplorasi organ-organ dalam mulutnya. Jika usia anak 8 bulan ke atas, mungkin karena makanannya terlalu cair. Jika orang tua mengalami hal ini sebaiknya tekstur makanannya sedikit dikentalkan agar tidak disemburkan.

Mengulum di mulut dalam waktu lama

Anda bisa merangsang anak agar lebih cepat mengunyah dengan mempertahankan kehangatan makanan. Bisa dengan menyajikannya dalam mangkuk lebih besar berisi air panas/hangat. Atau membagi porsinya menjadi 2, dimana setengah porsi dihidangkan sambil setengah porsi yang lainnya tetap dihangatkan.

Untuk anak 1 tahun ke atas dapat ditambahkan lauk yang sedikit renyah seperti tempe goreng, nugget, perkedel jagung atau mungkin sekedar bawang goreng agar anak terpacu untuk lebih giat mengunyah makanan dalam mulutnya.

Menutup mulut

Biasanya ini terjadi pada anak usia 10 bulan hingga 2 tahun. Kemungkinan penyebabnya adalah keinginan untuk protes.

Tips bagi orang tua adalah cari tahu keinginan anak. Coba turuti jika memungkinkan atau jelaskan alasan jika memang keinginannya tidak dapat dipenuhi. Dengan bahasa kasih dan konsistensi, maka masa ini bisa dilalui dengan baik.

Pilih-pilih makanan

Anda bisa mengolah makanan yang tidak disukainya dalam bentuk yang menarik, bentuk yang lembut hingga dapat disamarkan diantara bahan makanan yang lain, atau Anda gabungkan dengan makanan favoritnya.

Selain itu, makanlah makanan yang tidak disukainya itu di hadapannya dengan perasaan gembira dan tunjukkan ekspresi betapa nikmatnya apa yang Anda makan. Lama-lama, si kecil bisa tertarik untuk mencobanya.

Yang perlu juga diperhatikan bagi orang tua adalah jangan memberi camilan pada anak menjelang jam makan agar anak tidak merasa sudah kenyang. Sebaiknya Atur makanan selingan atau cemilan jauh sebelum waktu  makan tiba. Beri juga cemilan yang sehat spt potongan buah, sayur  kukus, keju, cake buatan ibu.

 

 

Sumber: nursingbegin.com

Dalam kategori: Susah MakanTips Anak

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.