Manfaat Asi Bagi Ibu Dan Bayi

Kandungan ASI memegang peran utama dalam perkembangan otak karena gula dan lemak yang dikandungnya. Memberikan ASI kepada bayi juga ada manfaatnya untuk ibu, selain bermanfaat untuk bayi juga bermanfaat untuk ibu.

Manfaat ASI bagi bayi
ASI adalah makanan alamiah untuk bayi anda. ASI mengandung nutrisi-nutrisi dasar dan elemen, dengan jumlah yang sesuai, untuk pertumbuhan bayi yang sehat. ASI juga lebih mudah dicerna oleh bayi sehingga jarang menyebabkan konstipasi. ASI kaya akan antibody(zat kekebalan tubuh) yang membantu tubuh bayi untuk melawan infeksi dan penyakit lainnya. ASI dapat mencegah karies karena mengandung mineral selenium. Sebuah penelitian di Denmark mengemukakan bahwa bayi yang diberikan ASI hingga lebih dari 9 bulan akan lebih cerdas dibandingkan yang tidak diberi ASI. Hal ini dikarenakan ASI mengandung DHA/AA.

Pemberian ASI eksklusif pada bayi akan menurunkan resiko sakit jantung ketika mereka dewasa. ASI juga menurunkan resiko diare, infeksi saluran nafas bagian bawah, infeksi saluran kencing, dan juga menurunkan resiko kematian bayi mendadak. Hal tersebut disebabkan zat-zat kekebalan tubuh di dalam ASI memberikan perlindungan langsung melawan serangan penyakit serta menyediakan lingkungan yang ramah bagi bakteri ”menguntungkan” yang disebut ”flora normal”.

Fakta tentang ASI tidak berhenti hanya sampai di sini. Meskipun disebut sebagai susu, cairan ajaib ini sebagian besarnya tersusun atas air dalam Keadaan yang benar-benar bersih dan sehat yang mungkin tidak dapat anda temui pada dalam air biasa atau bahan makanan.Selain itu memberikan ASI juga membina ikatan kasih sayang antara ibu dan bayi.

Maanfaat Memberikan ASI bagi ibu
Memberikan ASI segera setelah melahirkan akan meningkatkan kontraksi rahim, yang berarti mengurangi resiko perdarahan. Memberikan ASI juga membantu memperkecil ukuran rahim ke ukuran sebelum hamil, serta membakar kalori sehingga membantu penurunan berat badan lebih cepat. Beberapa ahli menyatakan bahwa terjadinya kanker payudara pada wanita menyusui sangat rendah.

Karena begitu besar manfaat ASI maka WHO dan UNICEF menganjurkan agar para ibu memberikan ASI ekslusif pada bayi mereka yaitu hanya memberikan ASI saja tanpa makanan pendamping hingga bayi berusia 6 bulan. Berikanlah ASI kepada bayi anda sebagai hadiah terindah dalam menyambut kelahirannya.

Bukan seorang ibu yang memutuskan untuk membuat ASI dengan segala kandungannya yang merupakan sumber zat makanan terbaik bagi bayi. Bukan pula ia yang menentukan beragam kadar gizi yang dikandung ASI. Allah Yang Mahakuasa-lah, Yang mengetahui kebutuhan setiap makhluk hidup dan memperlihatkan kasih sayang kepadanya, Yang menciptakan ASI untuk bayi di dalam tubuh sang ibu.

Dalam kategori: Informasi Seputar AnakSeputar ASI

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.