Info Ibu Dan Balita

Seorang wanita yang sudah menikah dan sekarang menjadi seorang ibu sungguh tidak mudah, apalagi untuk ibu pekerja peran ganda sebagai wanita karier dan ibu rumah tangga bukan hal yang mudah untuk dijalankan. Dibandingkan ayah, andil Bunda sangat vital dalam proses tumbuh kembang si kecil. Bukan terbatas pada masa mengandung dan melahirkan saja, tapi justru pada masa-masa setelah itu dan seterusnya, buah hati tercinta sangat membutuhkan kehadiran Bunda. Namun, bukan berarti Bunda sama sekali tidak boleh bekerja. Upayakan untuk mengambil jalan tengah guna menjaga keseimbangan karier dan keluarga.

Cara pertama antara lain dengan bangun lebih awal, lalu menghabiskan waktu untuk bermain bersama si kecil sebelum berangkat ke kantor. Nikmati segarnya udara pagi dengan hangatnya kebersamaan bersama buah hati tercinta. Biasanya, bayi tidak mengalami kesulitan untuk bangun pagi karena pola tidur mereka lebih teratur. Sebaliknya, orangtua dengan kesibukan sehari-hari yang padat justru bisa bangun terlambat karena terlalu letih. Karena itu, untuk menjaga keseimbangan karier dan keluarga, hal pertama yang perlu Bunda perhatikan adalah waktu istirahat yang cukup.

Kemudian, sesibuk apa pun pekerjaan di kantor, sempatkan untuk menelepon si kecil untuk membangun ikatan emosional yang kuat. Jangan sampai bayi Bunda justru lebih akrab dengan pengasuhnya daripada dengan ibunya sendiri. Meskipun ia belum mengerti perkataan Bunda, kebiasaan menelepon dapat membuatnya merasa akrab dengan suara Bunda. Bunda dapat memanfaatkan waktu istirahat di kantor ketika jam makan siang, misalnya. Atau mungkin setiap ada waktu senggang ketika pekerjaan sedang tidak terlalu menumpuk. Dengan demikian, Bunda bisa menjaga keseimbangan antara karier dan keluarga.

Adapun untuk di kantor, Bunda sebaiknya membiasakan untuk mendelegasikan tugas kepada rekan-rekan agar waktu Bunda tidak tersita untuk lembur. Ciptakan suasana kerja sama yang kondusif agar semua pekerjaan dapat selesai lebih cepat. Selain itu, buat jadwal rutin liburan keluarga di akhir pekan untuk menjaga keseimbangan karier dan keluarga. Sebaiknya pengasuh diistirahatkan dulu di rumah. Meski mungkin agak merepotkan mengurus si kecil selama di perjalanan, anggaplah itu sebagai proses untuk mengakrabkan diri dan kesempatan bagi Bunda untuk menunjukkan kepedulian pada anak.

Terakhir, jangan lupa untuk berikan ciuman hangat selamat malam sebagai pengantar tidur atau bahkan meski si kecil sudah tertidur lelap. Karena, ungkapan kasih sayang seperti itu sangat penting dalam membina ikatan batin antara Bunda dan si kecil. Langkah-langkah tersebut merupakan fondasi utama dalam menjaga keseimbangan karier dan keluarga.

ibudanbalita.com

Dalam kategori: Informasi Seputar Anak

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.